FORGOT YOUR DETAILS?

Wisata Sawarna

Berikut wisata favorit di kawasan Wisata Sawarna

Pantai Tanjung Layar

Tuesday, 14 August 2018 by

Pantai Tanjung Layar adalah objek wisata di kawasan Desa Wisata Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Nama pantai ini berasal dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Di sisi timur pantai ini terdapat gugusan karang yang berbentuk seperti jejak kaki sebelah kiri berukuran dua kali satu meter yang dinamai Jejak Kaki Kabayan. Kabarnya, jejak kaki kakaknya ada di daerah Jampang, Sukabumi. Saat ini, Pantai Tanjung Layar dan pantai lainnya di kawasan Desa Wisata Sawarna dikelola oleh BUMdes Sawarna.

Legenda

Di masa Hindia Belanda, tanjung ini dikenal dengan nama Java’s Eerste Punt atau “ujung pertama Pulau Jawa”.Sejarah tentang Pantai Tanjung Layar diceritakan dalam babad sunda dan legenda (dongeng) pesisir selatan. Menurut dongeng dan cerita para terdahulu, dua buah karang raksasa di kawasan Tanjung Layar adalah jelmaan dari dua buah kekuatan yang akan dijadikan layar kapal Sangkuriang untuk berlayar mengarungi Samudera Selatan ketika akan melangsungkan pernikahan dengan Ibunya, Dayang Sumbi, namun Sang Hyang Widi tidak mengizinkan kehendak Sangkuriang, maka diamuklah semua peralatan kapal termasuk layarnya, konon kapal tersebut ditendang ke sebelah utara menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedangkan layar-layar yang besar dilempar ke bagian selatan pulau Jawa menjadi karang yang kokoh dan tegar di pantai selatan Provinsi Banten, tepatnya desa sawarna, kecamatan bayah saat ini.

Meski dari legenda Sangkuriang yang berkembang di Jawa Barat adalah berkisah tentang terbentuknya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul, namun cerita tentang Tanjung Layar cukup dikenal di kalangan masyarakat Sawarna.

Salah satu atraksi wisata yang tak boleh dilewatkan tiap kali berkunjung ke pantai ialah pemandangan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini pun tak boleh kalian lewatkan guys.. Jangan lupa ya untuk mengabadikan momen matahari terbenam ini dalam kamera

Pantai Pasir Putih Ciantir ini terletak di desa Cikaung yang masih satu wilayah dengan desa wisata Sawarna. Jaraknya pun cukup dekat dengan jembatan Cisawarna.

Wisatawan asing maupun lokal menjadikan pantai yang satu ini sebagai salah satu tempat favorit ketika berkunjung ke Sawarna. Karena selain pasir putihnya yang sangat bersih seperti mutiara, air lautnya juga sangat jernih sekali. suasana pantai yang masih “perawan” membuat pengunjung akan betah berlama-lama tinggal di pantai yang satu ini.

TOP